April 10, 2019

How To Do A Self-Care During Challenging Times

Oleh: Anita Carolina, M.Psi., Psikolog

... read more

March 18, 2019

Yuk Berikan Apresiasi!

Oleh: Patricia Larasgita (Development Intern)... read more

May 7, 2019

Exploring World Through Reading: What Books to Read?

Oleh: Kantiana Taslim, M. Psi., Psikolog

 

Hari Pendidikan Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 2 Mei. Pemerintah menjadikan tanggal tersebut sebagai Hari Pendidikan Nasional untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia. Sebagai tokoh pendidikan dan pahlawan nasional, beliau berjasa dan memberikan banyak sumbangsih untuk dunia pendidikan di Indonesia. Ada pernyataan dari Ki Hadjar Dewantara yang seyogyanya terus kita bawa sebagai masyarakat Indonesia untuk terus maju dan berkembang, “Dengan ilmu kita menuju keilmuan. Ilmu tak melulu soal angka, tapi bekal untuk dalam hidup” – Ki Hadjar Dewantara.

 

Pernyataan Ki Hadjar Dewantara di atas mengingatkan kita, bahwa ilmu yang didapat dalam hidup tidak melulu diukur dengan prestasi. Namun juga melalui seberapa baik kita dapat menerapkan dan memanfaatkan pengetahuan tersebut untuk kepentingan orang banyak dan perkembangan diri. Untuk mengembangkan diri, ilmu dan informasi harus terus-menerus dicari, tidak berhenti hanya pada jenjang pendidikan formal saja. Salah satu cara untuk terus memperluas pengetahuan adalah dengan membaca. Membangun kebiasaan membaca menjadi penting karena dengan membaca, cara berpikir, imajinasi, daya kreativitas akan terlatih dan pikiran juga menjadi lebih aktif. Selain sebagai sumber informasi, membaca juga merupakan bentuk rekreasi sehingga kegiatan membaca terus disoroti dari masa ke masa.

 

Begitu pentingnya membaca, sehingga kebiasaan membaca pun harus dibangun sejak dini. Lalu, bagaimana cara memilih buku untuk dibaca? Faktanya, beberapa informasi memiliki dampak lebih besar untuk diri kita dibandingkan informasi lainnya. Coba introspeksi kembali, cerita, informasi, kejadian yang bagaimana yang paling mengena di hati (Kommers, 2018). Bacaan yang menggugah diri adalah hal yang dapat membantu membuat perbedaan menjadi lebih baik untuk diri kita. Buku yang kita pilih merepresentasikan diri kita yang sesungguhnya. Apa yang kita sukai, pengalaman, fakta seperti apa yang dapat membantu kita mendapatkan insight tentang hidup. Oleh karena itu, bangunlah kebiasaan membaca mulai dari topik bacaan yang diminati, yang menggugah dirimu.

 

Selain itu, ketertarikan dan kebiasaan membaca juga dapat dibangun dari berbagai buku yang fun, santai, menyenangkan, dan kamu minati. Misalnya, buku bergenre fiksi. Dari sana, ketika ketertarikan dan kebiasaan membacamu sudah terbangun dengan baik, kamu dapat memperluas dan mengeksplorasi bacaanmu ke berbagai genre buku lainnya. Yang penting, pastikan kamu mendapatkan hal yang bermanfaat dari setiap bacaan yang kamu baca. Dengan demikian, informasi dan insight yang kamu dapatkan juga dapat diterapkan untuk mengembangkan diri dan dunia dengan lebih baik. Selamat membaca! Selamat bereksplorasi!

 

Daftar Pustaka

Kommers, C. (2018). How to choose what to read. Retrieved from https://www.psychologytoday.com/intl/blog/friendly-interest/201812/how-choose-what-read

 

Self Development Secrets. (2019). 11 Benefits of Reading Books: Why It’s Important to Read Everyday?. Retrieved from https://www.selfdevelopmentsecrets.com/benefits-importance-reading-books/

 

 

 

SHARE THIS ARTICLE