March 18, 2019

Yuk Berikan Apresiasi!

Oleh: Patricia Larasgita (Development Intern)... read more

March 15, 2019

Gapai Kesuksesan Dalam Wirausaha

Oleh: Patricia Larasgita (Development Intern)... read more

April 10, 2019

How to do a Self-Care during Challenging times

Oleh: Anita Carolina, M.Psi., Psikolog

 

Kita semua tentu pernah mengalami masalah dan kesulitan. Ketika sebuah masalah sedang berada pada proses penyelesaian, tiba-tiba datang masalah yang baru. Seakan-akan masalah tak ada habisnya. Alhasil, stress, ketakutan, kekhawatiran, atau kecemasan kerap menghampiri kita. Akibatnya, kita sering merasa lelah secara mental dan fisik hingga lupa memedulikan diri kita. Padahal, merawat diri / self-care adalah hal yang sangat penting dilakukan ketika kita menghadapi waktu-waktu yang sulit dalam hidup kita.

 

Self-care dapat membantu kita memperoleh kembali energi untuk menghadapi masalah. Mengetahui bahwa kita tidak sendirian dan bahwa kita memiliki banyak hal yang bisa dipakai untuk menghadapi masalah dapat membantu kita ketika menghadapi waktu sulit dalam hidup.  Berikut beberapa tips melakukan self-care untuk menghadapi masa sulit dalam hidup kita:

 

1.   Menyadari dan menerima perasaan kita

Mungkin kesulitan yang kita alami terjadi di luar kontrol kita. Tahan keinginan kita untuk mencoba mengontrol semua hal yang tidak bisa kita kontrol dan kendalikan. Sadari dan terima semua perasaan kita, baik sedih, marah, kecewa, apapun itu. Temukan cara terbaik yang tepat untuk bisa mengekspresikan perasaanmu.  Ingatlah, “It’s okay not to be okay. You’re not obligated to be perfectly fine and that’s perfectly fine. Feel what you but don’t let it control your life”.

2.   Stop, breath, & tell your self

Kita butuh waktu untuk bisa mengatasi emosi dalam menghadapi masalah kita. Berhentilah sejenak, ambil waktu untuk merefleksikan kembali apa yang terjadi. Kemudian, identifikasikan langkah-langkah yang butuh untuk kamu lakukan terlebih dahulu. Berfokuslah pada setiap langkah yang kamu ambil. Pikirkan dan katakan hal-hal yang positif yang dapat membangun dirimu.

3.   Pertahankan rutinitas kita sebisa mungkin, termasuk makan dan tidur dengan cukup dan teratur.

Ketika ada dalam masa sulit, seringkali kita menjadi sulit untuk tidur atau napsu makan berantakan dan tidak terkontrol. Padahal, istirahat dan pola makan yang sehat dan teratur sangat penting bagi kesehatan tubuh dan jiwa kita. Ijinkan dirimu untuk beristirahat sejenak dengan mendengarkan musik relaksasi, melakukan hal yang membuat tenang, dan mencoba tidur teratur setiap harinya. Juga, pilihlah makanan yang sehat untuk mempertahankan gula darah, sistem imun, dan energimu.

 

4.   Escape for a while

Bukan berarti kamu menghindari atau lari dari kenyataan. Namun, selama berada pada masa sulit, kamu tetap butuh waktu untuk mengistirahatkan pikiran dan perasaanmu sesaat. Kamu bisa berlatih relaksasi dan meditasi / relaksasi ringan. Carilah tempat yang tenang dan nyaman untuk kamu bermeditasi. Meditasi dan relaksasi dapat membuatmu lebih tenang dan melepaskan stressmu. Kamu juga bisa melakukan hal lain yang kamu senangi, misalnya liburan sejenak, mendengarkan musik, menonton film, membaca buku, menggambar, atau menulis. Hal-hal positif dan menyenangkan yang kamu lakukan dapat menjadi cara efektif untuk menambah energimu ketika melewati masa sulit.  “Sometime you need to take a break fro everyone and spend time alone, to experience, appreciate, and love yourself” – Robert Tew.

5.   Carilah seseorang yang mau mendengarkanmu dan menerimamu.

Pada waktu yang sulit, kita semua butuh support dari orang lain. Bercerita kepada orang yang kamu percayai dapat membantumu untuk mulai menerima apa yang terjadi dan mungkin kamu bisa memandang masalah kamu dari sudut pandang yang baru.

6.   Pertimbangkan untuk mencari bantuan professional.

Jika kamu merasa sahabat / keluargamu kurang bisa membantu, carilah professional yang dapat membantumu.

 

“Self-care is not selfish. Love yourself. Take care of yourself & make your happiness a priority. It’s necessary” – Mandy Hale

 

Referensi:

Murphy-Hiscock, A. (2018). The witch's book of self-care: magical ways to pamper, soothe, and care for your body and spirit. Massachusetts: Simon & Schuster, Inc.

McKenzie, S., Hassed, C. (2012). Mindfulness for life. New Zealand: Exisle Publishing Pty Ltd

Brown, K. W., & Ryan, R. M. (2003). The benefits of being present: Mindfulness and its role in psychological wellbeing. Journal of Personality and Social Psychology, 84, 822–848.

SHARE THIS ARTICLE