March 15, 2019

Gapai Kesuksesan Dalam Wirausaha

Oleh: Patricia Larasgita (Development Intern)... read more

February 27, 2019

Getting Gritty

Kamu dan saya, kita tinggal di Indonesia dan me... read more

March 18, 2019

Yuk Berikan Apresiasi!

Oleh: Patricia Larasgita (Development Intern)

“Terima kasih, ya. Karena semua sudah terselesaikan dengan baik, kamu bisa pulang lebih dulu.”

Tentunya kita akan sangat senang mendengar kalimat itu terucap dari atasan kita. Segala bentuk apresiasi, meskipuan hanya berupa sebuah kalimat tentunya dapat memberikan dampak positif baik bagi mereka yang memberikan maupun menerima bentuk apresiasi tersebut, serta relasi diantara keduanya.

Di Amerika Serikat, terdapat sebuah tradisi dimana setiap hari Jumat pertama di bulan Maret diperingati sebagai Employee Appreciation Day. Perayaan ini mengingatkan setiap perusahaan untuk mengapresiasi para karyawannya atas segala usaha dan kerja keras yang diberikan para karyawannya. Sebagian besar karyawan menghabiskan lebih banyak waktu untuk pekerjaannya dibandingkan melakukan aktivitas lain. Oleh karena itu, tentunya para karyawan layak mendapatkan apresiasi atas pengorbanannya.

Studi menunjukkan bahwa segala bentuk apresiasi yang tercipta diantara atasan dan karyawannya dapat mempererat ikatan di antara atasan dan karyawannya, meningkatkan kebahagiaan para karyawan, dan tentunya hal ini dapat berpengaruh positif terhadap kinerja para karyawan. Pernyataan ini didukung oleh hasil riset dari Global Leadership Study yang digagas oleh Dale Carnegie, dimana 85% karyawan menganggap apresiasi dan pujian dari atasan terhadap pekerjaan yang mereka lakukan sangatlah penting. Namun pada praktiknya, hanya 36% atasan yang melakukannya. Di Indonesia sendiri, hanya 17% karyawan yang mengaku puas dengan pekerjaan mereka dan hal ini kuat dipengaruhi oleh perilaku atasan. Hasil studi ini menunjukkan masih rendahnya apresiasi yang diberikan pada para karyawan di Indonesia.

Lantas, apa saja hal yang dapat dilakukan untuk memberikan apresiasi pada karyawan? Berikut merupakan cara-cara yang dapat diterapkan untuk memberikan apresiasi pada karyawan:

1.      Free food

Tentu akan sangat menarik jika sesekali membelikan makanan untuk para karyawan dan menyantapnya bersama. Hal ini akan mempererat hubungan antar karyawan juga.

2.      Team outing

Sediakan satu hari untuk berpergian bersama para karyawan dan melakukan hal yang menyenangkan. Ini tentunya menjadi salah satu cara untuk memberikan apresiasi bagi kinerja mereka.

3.      In-office services

Jika kegiatan menyenangkan tersebut tidak dapat dilakukan di luar kantor, kegiatan menyenangkan tersebut dapat diadakan di dalam kantor. Tidak ada salahnya jika sesekali mengadakan pelayanan pijat atau perawatan di kantor. Hal ini tentunya dapat membangkitkan suasana positif di dalam kantor.

4.      Memberikan hadiah

Walau identik dengan perayaan ulang tahun, sebenarnya hadiah tidak harus diberikan hanya pada saat perayaan ulang tahun. Hadiah juga dapat menjadi simbol rasa terima kasih kita kepada orang lain.

5.      Personal note

Salah satu cara sederhana dalam memberikan apresiasi adalah dengan menuliskan pesan ucapan terima kasih dan apresiasi atas usaha dan kerja keras yang telah diberikan karyawan. Meski sederhana, ini dapat memberikan dampak positif bagi karyawan yang nantinya dapat berpengaruh pada kinerja dari karyawan tersebut.

Nah, kita sudah mengetahui dampak positif dan seberapa pentingnya apresiasi. Sekarang, yuk kita apresiasi setiap pekerjaan orang lain!

 

Referensi:

Quast, Lisa. (2017). “5 Ways To Celebrate Employee Appreciation Day”. Diambil dari https://www.forbes.com/sites/lisaquast/2017/02/27/5-ways-to-celebrate-employee-appreciation-day-friday-march-3rd/#6bd0aab92c7f

Cahya, Kahfi Dirga. (2018). “Kurang Apresiasi, 30 Persen Pekerja Indonesia Ingin Pindah Kerja” https://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/02/214530820/kurang-apresiasi-30-persen-pekerja-indonesia-ingin-pindah-kerja

Macey, W.H. dan Schneider, B. (2008). The Meaning of Employee Engagement. Society for Industrial and Organizational Psychology. Diambil dari http://www.benschneiderphd.com/Macey-Schneider_IOP_March_08.pdf

SHARE THIS ARTICLE