February 27, 2019

Getting Gritty

Kamu dan saya, kita tinggal di Indonesia dan me... read more

February 8, 2019

Sayang Atau "Sayang"?

Sayang atau “Sayang”?... read more

March 15, 2019

Gapai Kesuksesan dalam Wirausaha

Oleh: Patricia Larasgita (Development Intern)

 

Menjadi seorang wirausaha yang sukses, adalah mimpi dari banyak anak muda Indonesia. Tentu untuk mencapainya bukanlah perkara mudah. Lantas, apa sih yang menjadi kunci penting untuk mencapai kesuksesan di dunia wirausaha?

Kamis, 28 Februari 2019 lalu, Personal Growth bersama @america mengadakan sebuah diskusi interaktif bertajuk “Getting Gritty!: The Backbone of Successful Entrepreneurship”. Pada kesempatan kali ini, Yohanes Sugihtononugroho (CEO dan Co-Founder of Crowde.Co), Iim Fahima Jachja (CEO dan Founder OF Queenrides), serta Satrio Rama Widyowaksono (Co-Founder of the Palapa Group), berbagi mengenai pengalaman dan perjuangannya dalam dunia wirausaha.

Berangkat dari rasa keprihatinan dalam melihat berbagai fenomena di Indonesia, ketiganya mencoba mencari sebuah solusi yang tentunya dapat memberikan efek positif bagi bangsa Indonesia. Hingga kini ketiganya mampu mencapai kesuksesan dengan bisnis yang dikelolanya masing-masing.

“Hal pertama yang harus dilakukan ketika mengalami krisis adalah mencari penyebab dari krisis tersebut.” Papar Iim, yang harus kehilangan 10 miliar rupiah dan menghentikan puluhan karyawannya di hari yang sama. Sementara itu Yohannes, harus kehilangan 100 juta rupiah untuk menjaga kepercayaan para investor. Lain lagi dengan Rama yang harus kehilangan 350 juta rupiah di 6 bulan pertama dirinya memulai bisnis. “Tapi abis itu, grit itu muncul. Entrepreneurship itu harus dilatih dan banyak pengalaman”, tambah Rama. Ketiganya meyakini kalau grit sangat penting untuk memotivasi diri dan menemukan jalan keluar dari setiap permasalahan yang dihadapi.

Untuk memiliki grit, tentunya terdapat beberapa hal yang harus dilatih dan dikembangkan, yaitu:

1.      Interest: Adanya minat dan passion dalam suatu bidang.

2.      Practice: Mereka yang memiliki grit akan mendedikasikan dirinya untuk terus belajar; menjadi learning individuals.

3.      Purpose: Tujuan yang dimiliki tidak harus berupa uang, namun juga bisa berupa kepedulian akan masalah-masalah sosial yang terjadi di sekitar.

4.      Hope: Tentunya diperlukan juga harapan dari dalam diri kita bahwa kita melakukan hal yang dapat berdampak baik.

Di akhir acara, ketiga narasumber pun memberikan pesan penting untuk dapat mencapai kesuksesan di dunia wirausaha, yaitu untuk selalu memiliki tujuan, berani, serta jangan pernah menyerah. “Kalian pasti dapat sesuatu, tetapi mau sekarang atau nanti?” Sahut Yohanes.

SHARE THIS ARTICLE