February 8, 2019

Sayang Atau "Sayang"?

Sayang atau “Sayang”?... read more

January 24, 2019

Mental Wellness Month: Awali Dengan Positif!

Bagaimana awal tahunmu? Semoga menyenangkan, ya... read more

February 27, 2019

Getting Gritty

Kamu dan saya, kita tinggal di Indonesia dan merupakan warga negara Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, kita juga adalah bagian dari masyarakat dunia. Kini, masyarakat dunia berubah dengan sangat cepat, intens, dan sangat kompetitif. Persaingan yang akan kita hadapi, terutama orang-orang muda, tidak lagi hanya di antara orang Indonesia, namun juga bersaing secara global. Jika orang-orang muda Indonesia tidak memperlengkapi diri untuk menjadi generasi yang unggul, maka tidak tertutup kemungkinan Indonesia akan tertinggal dari negara-negara lain. Tentu kalian tidak mau hal ini terjadi kan? Nah, oleh karena itu, sangat penting bagi orang muda Indonesia untuk mengembangkan diri menjadi individu yang unggul. Terlebih orang muda adalah generasi penerus bangsa yang akan menduduki posisi-posisi penting bangsa ini.

 

Pertanyaan yang mungkin muncul di benak kalian saat ini adalah “Hal apa yang membuat kita menjadi individu unggul?”. Jawabannya: GRIT.

 

Jika melihat orang-orang di sekeliling kita, mungkin kita bisa menemukan ada banyak orang-orang berbakat dan juga pintar, namun mereka tidak mampu meraih cita-cita dan kesuksesan yang mereka inginkan. Menurut Angela Duckworth, usaha yang dilakukan seseorang 2 kali lebih penting dibandingkan talent dan skill yang dimiliki. Skill bukanlah sesuatu yang kita punya sejak lahir, melainkan gabungan talent dengan usaha yang dilakukan. Kesuksesan kemudian diperoleh ketika skill diiringi dengan usaha. Tanpa usaha, maka talent kita tidak lebih dari potensi yang tidak terpenuhi.

 

Angela Duckworth memperkenalkan sebuah istilah yang kini menjadi salah satu topik yang sering diperbincangkan, yaitu GRIT. GRIT adalah ‘passion & perseverance’. Artinya, kita mengerjakan sesuatu yang kita sukai, ditambah dengan kegigihan, bekerja keras menjalani apa yang kita sukai meskipun tidak mudah dan penuh tantangan.

 

Bagi kamu yang tertarik untuk mengembangkan GRIT dalam diri kamu, berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba:

Pertama, mencoba mengembangkan passion dengan bereksperimen melakukan berbagai macam hal. Bagi kamu yang merasa belum menemukan passion, tidak masalah! Menemukan passion memanglah sebuah proses dan bukan sesuatu yang instan. Cara tercepat untuk menemukannya adalah dengan melakukan sesuatu dan bukan hanya berdiam diri.

Kedua, kita bisa belajar mengembangkan GRIT dari orang-orang yang kita nilai memiliki GRIT. Mengelilingi diri dengan orang-orang GRITTY dapat memberikan pengaruh besar terhadap pikiran, perasaan, dan perilaku kita.

Ketiga, seseorang bisa terus tekun mengerjakan tugasnya jika memiliki tujuan utama yang ingin dicapai. Percaya bahwa tujuan bisa diraih juga menjadi pendorong seseorang mau terus berusaha dan mencoba, meski menemukan masalah atau tantangan dalam prosesnya.

 

GRIT merupakan gabungan antara passion dan perseverance. Jadi, GRIT bukan berarti hanya tekun mengerjakan sesuatu, namun tekun mengerjakan sesuatu yang disukai dan terus menyukai hal tersebut karena hal tersebut terasa sangat bermakna.

Bagi kalian orang-orang muda yang masih penasaran dan ingin tahun lebih dalam tentang GRIT, terutama yang tertarik bagaimana GRIT membantu kita menghadapi tantangan-tantangan di dunia entrepreneurship, jangan sampai lewatkan acara ‘Getting Gritty: The Backbone of Successful Entrepreneurship’ yang diselenggarakan oleh Personal Growth!

Catat ya, hari Kamis, 28 Februari 2019 jam 18.30 di @America, The Pacific Place Mall! See you there J Let’s be gritty together!

SHARE THIS ARTICLE