January 16, 2019

Ayah Hebat, Ayah Terlibat: Pentingnya Peran Ayah Bagi

Oleh: Althea (Development Intern)

... read more

January 7, 2019

Memasuki Tahun Baru, Merajut Resolusi Baru

Oleh :

Laurentius Sandi Witarso, M.Psi., ... read more

January 24, 2019

Mental Wellness Month: Awali dengan Positif!

Bagaimana awal tahunmu? Semoga menyenangkan, ya! Tahun baru tentunya harus diisi dengan semangat baru juga. Semangat baru untuk mencapai resolusi-resolusi awal tahun yang telah dirancang dan menjalani hari-hari dengan bahagia.

Tahukah kamu kalau bulan Januari diperingati sebagai Mental Wellness Month? Lantas, apa sih sebenarnya Mental Wellness itu? Mental Wellness merupakan kondisi dimana kesehatan mental kita berada dalam keadaan positif. Tidak hanya terbebas dari gangguan mental, tetapi kondisi mental kita juga dalam keadaan baik sehingga kita bisa menjalani kegiatan sehari-hari dengan baik dan tentunya dengan perasaan dan pikiran yang positif pula. Mental wellness juga membuat kita dapat menangani setiap permasalahan yang ada dengan baik; membangun hubungan sosial dengan baik; serta menjadi lebih produktif, kontributif, dan menikmati hidup.

Jadi, apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga kondisi kesehatan mental kita agar tetap positif?

1.     Berdamai dengan diri sendiri

Kita perlu mengenali diri sendiri, termasuk kelebihan dan kelemahan kita, dan menerima kondisi kita. Selain itu, kita juga perlu mengetahui apa saja hal-hal yang dapat membuat kita bahagia.

2.     Memberikan perhatian terhadap kebutuhan dan perasaan diri kita sendiri

Kita tentunya perlu memberikan waktu dan perhatian kepada diri kita sendiri. Salah satu hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan menulis jurnal tentang aktivitas yang kita lakukan dan mencurahkan perasaan yang kita rasakan.

3.     Fokus pada tujuan

Kita pastinya memiki tujuan ataupun keinginan yang ingin diraih. Untuk bisa mencapai mimpi tersebut, tentu kita perlu komitmen pada diri sendiri dan fokus dalam usaha mewujudkannya.

4.     Gaya hidup sehat

Sehat mental tentunya juga perlu diiringi dengan sehat secara fisik. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk bergaya hidup sehat adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan tentunya tidak mengonsumsi makanan ataupun minuman yang dapat berpengaruh buruk bagi tubuh kita.

5.     Menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat

Tentunya kita perlu menyediakan waktu berkualitas dengan keluarga dan teman-teman kita. Menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang kita sayangi dapat membuat kita merasa lebih bahagia.

6.     Mengikuti kegiatan sukarelawan

Penelitian menunjukkan bahwa mereka, yang terlibat dalam kegiatan sukarelawan, dapat memiliki perasaan yang baik terhadap dirinya sendiri dan juga memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Nah, sekarang kita sudah tahu cara menjaga kesehatan mental kita agar tetap positif. Yuk awali tahun ini dengan energi positif!

Referensi:

Post, S. G. (2005). Altruism, Happiness, and Health: It’s Good to Be Good. International Journal of Behavioral Medicine 12(2), 66-77

Singapore Association for Mental Health (2016). What is mental wellness?. Diambil dari https://www.samhealth.org.sg/understanding-mental-health/what-is-mental-wellness/  

Vilhauer, J. (2017). The Mental Wellness Routine That Will Change Your Life. Diambil dari https://www.psychologytoday.com/intl/blog/living-forward/201703/the-mental-wellness-routine-will-change-your-life

SHARE THIS ARTICLE