December 5, 2018

Hero Is Within Ourselves

Oleh: Althea (Development Intern)

 <... read more

November 14, 2018

Being Quiet ≠ Being Tolerant

Oleh: Kantiana Taslim, M.Psi., Psikolog

A... read more

December 27, 2018

Fun Activities To Do For Your Joyful Holiday

Oleh: Monica Sulistiawati, M.Psi., Psikolog

Libur telah tiba

Libur telah tiba

Hore. Hore. Hore…

 

Siapa masih ingat penggalan lagu di atas? Betul sekali. Penggalan lagu tersebut adalah sebagian dari lirik lagu anak-anak jaman dulu yang berjudul “Libur Telah Tiba”. Sesuai dengan lirik lagu tersebut, sebentar lagi libur memang akan segera tiba. Bahkan bagi sebagian besar anak sekolah, ada yang sudah menikmati liburan sejak awal Desember.

Alangkah sangat normal jika kita begitu bersemangat dan bergembira menanti dan menikmati datangnya liburan. Mengapa? Karena liburan memang memberikan banyak sekali efek positif pada individu yang menikmatinya. Secara umum, liburan memberikan efek istirahat sementara pada otak sehingga otak dapat mengurangi tekanannya bekerja dan berpikir. Aktivitas menyenangkan dan santai di saat liburan juga meningkatkan hormon endorphin di dalam tubuh sehingga tubuh pun menjadi lebih relaks, timbul perasaan bahagia, serta mampu memicu imunitas tubuh yang lebih tinggi. Dengan pikiran yang lebih santai dan emosi yang lebih positif, perilaku kita pun dapat berubah menjadi lebih positif, misalnya saja mampu berpikir lebih jernih, mampu mengambil keputusan lebih cepat dan tepat, bekerja lebih semangat, berpikir lebih positif terhadap orang lain, dan lain-lain.

Di luar manfaat umum tersebut, masih banyak manfaat liburan lainnya, misalnya membuka wawasan baru, menumbuhkan rasa percaya diri, meningkatkan kekompakan dan kerjasama di antara anggota keluarga, memperbaharui kembali keharmonisan suami istri, dan lain-lain. Oleh sebab banyaknya manfaat liburan, setiap individu pun sangat dianjurkan untuk memiliki dan menikmati liburan. Terutama liburan akhir tahun dimana liburan ini merupakan waktu yang pas untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama-sama dengan anggota keluarga, kerabat, dan teman.

Lalu aktivitas apakah yang dapat dilakukan di saat liburan? Apakah harus pergi ke luar kota atau ke luar negeri? Tentu saja hal ini dapat dilakukan bagi Anda yang memiliki budget, namun jangan memaksakan diri ya. Kalau penghasilan dan tabungan Anda habis sekejab hanya untuk liburan, bisa-bisa rasa stress yang Anda nikmati, bukan relaks. Nah, untuk Anda yang ingin menikmati liburan dengan anggaran yang murah meriah, berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat dicoba.

1.       Ajaklah anggota keluarga atau teman untuk membuat bioskop sendiri di rumah. Buat popcorn sendiri, matikan lampu, dan hidupkan TV. Wah, pasti menyenangkan ya.

2.       Treasure hunt, yakni dengan menyembunyikan “harta karun” di beberapa sudut rumah dan berikan petunjuk pada keluarga atau teman untuk menemukan harta karun tersebut. Tentunya pada setiap petunjuk dapat pula diberikan ide-ide konyol yang harus dilakukan orang tersebut untuk mendapatkan petunjuk berikutnya mendekati posisi harta karun yang sesungguhnya.

3.       Merapikan dan menata ulang tata letak ruangan di dalam rumah berdasarkan tema tertentu, misal: tema superhero, bajak laut, the jungle, dan lain-lain.

4.       Mencoba hal-hal baru yang selama ini belum sempat dilakukan, seperti mengikuti Car Free Day, membuat cup cake, memancing, membaca satu buah novel dalam satu hari, dan lain-lain.

5.       Melakukan aktivitas outdoor, misalnya dengan melakukan kegiatan permainan tradisional yang banyak dilakukan di lapangan terbuka, seperti tarik tambang, petak umpat, galaxin, bakiak, dan sebagainya.

SHARE THIS ARTICLE