September 17, 2018

Pentingnya Pendidikan Bagi Iqbaal Ramadhan

Jakarta - personalgrowth.co.id | ... read more

September 14, 2018

Guntur Mallarangeng: Walau Cita-cita Berubah, Tapi Tuju

Jakarta – personalgrowth.co.id... read more

September 18, 2018

Mengejar Imu sampai Amerika

Jakarta - personalgrowth.co.id | Banyak orang yang kerap bertanya-tanya kenapa ya harus sekolah di luar negeri, apalagi di Amerika. Membayangkannya saja sudah cukup membuat orang geleng-geleng kepala, “aduh… pasti ribet, mahal biayanya,” dan berbagai dalih lainnya. Padahal ada banyak nilai dan pengalaman berharga yang bisa diperoleh dari belajar di luar negeri, khususnya Amerika.

Pada hari Sabtu, 26 mei 2018 lalu, Personal Growth – Counseling and People Development, menyelenggarakan sebuah diskusi interaktif bertajuk “Discover Yourself, Discover Your Future” bertempat di @america, The Pacific Place. Dalam kesempatan ini, para narasumber berbagi kisah dan pengalaman mereka tentang proses self-discovery yang mereka jalani, termasuk di dalamnya adalah mengenai studi di Amerika.

Iqbaal Ramadhan, seorang public figure muda yang namanya sedang naik daun di dunia hiburan Indonesia pun memilih melanjutkan studinya di United World College (UWC), Amerika. UWC ini merupakan sebuah international boarding school, yang para siswanya berasal dari kurang lebih 90 negara di seluruh dunia. Dalam acara “Discover Yourself, Discover Your Future” ini Iqbaal menceritakan bahwa pengalaman bersekolah di UWC, Amerika ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat berharga.

“Di sana orang-orang sama sekali nggak tau Iqbaal Ramadhan itu siapa, dan itu jadi tantangan buat gue untuk bisa beradaptasi, untuk benar-benar bereksplor, apa sih yang bisa gue berikan untuk mereka, apa yang bisa gue tunjukkan untuk anak-anak dari 90 negara ini, karena mereka yang datang dari 90 negara itu anak-anak luar biasa dan pilihan dari negara masing-masing.” cerita Iqbaal. Hal tersebut menjadi pelajaran bagi Iqbaal Ramadhan untuk beradaptasi, menemukan apa yang ia bisa banggakan dari dirinya dan tentunya mewakili nama Indonesia di masyarakat internasional.

Narasumber lainnya pun berbagi hal yang serupa mengenai betapa berharganya kesempatan studi di Amerika. Guntur Mallarangeng, merupakan seorang lulusan magister manajemen dari Kellogg School of Management, ia mengatakan bahwa ilmu yang diperoleh dari sekolah-sekolah terbaik di Amerika sana tentu akan sangat berguna untuk dibawa pulang ke tanah air.  “Saya percaya bahwa ada dorongan kuat bagi generasi muda kita untuk membantu kemajuan bangsa.” Kata Guntur.

Ade Nurul Safrina, seorang lulusan magister ekonomi dari University of Illinois, mengungkapkan pembelajaran menarik lainnya yang ia peroleh dari studi di Amerika. “America is the melting spot of diversity. Semua orang ke sana, semua orang menuntut ilmu di sana, semua orang bekerja di sana dan semua orang ingin mencari pengalaman the American Dream di sana” ungkap Ade.

Ade menceritakan bahwa di sana ia menjadi minoritas, namun ia juga bertemu begitu banyak orang yang sangat beragam, dengan berbagai latar belakang berbeda, semua memiliki mimpinya masing-masing. Di Amerika, semua orang berusaha, belajar dan bekerja mengejar mimpinya. Pengalaman tersebut mengajarkan dirinya untuk betul-betul memaknai dan mempraktekkan nilai toleransi.

Satu pelajaran yang bisa kita petik, menuntut ilmu itu tak terbataskan waktu dan tempat. Menuntut ilmu bisa di mana saja dan kapan saja, dan Amerika menjadi salah satu tempat yang menarik yang akan memberi kita begitu banyak pengalaman menarik dan pelajaran berharga seperti yang dikisahkan para narasumber dari acara “Discover Yourself, Discover Your Future” tersebut.

 

SHARE THIS ARTICLE