August 15, 2018

Discover Yourself, Discover Your Future!

“If you discover yourself, a trul... read more

August 8, 2018

Centennials Survey 2018: Kerja Bareng? Why Not!

Kamu yang sedang bersekolah atau berkuliah, bag... read more

August 23, 2018

Mengapa Perlu Upacara?

Oleh: Avila (Development Center Intern)

Suatu Senin pagi yang cerah, para siswa berkumpul di lapangan. Banyak yang bersemangat, tidak sedikit juga yang menggerutu. “Kenapa sih kita harus upacara bendera?” Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang hal yang sama?

Upacara bendera di pagi hari dapat menjadi suatu hal yang membosankan, atau bahkan melelahkan bagi beberapa orang. Hal ini dapat terjadi apabila peserta upacara belum menyadari apa maksud di balik kegiatan tersebut. Padahal, jika kita pikirkan dan hayati lebih dalam, upacara bendera mengajarkan banyak hal yang dapat bermanfaat baik bagi diri sendiri, maupun bagi orang-orang di sekitar kita.

Dengan melaksanakan upacara, kita dapat merasakan langsung pengalaman yang berkaitan dengan perasaan cinta tanah air, atau patriotisme. Kalian pernah mendengar tentang istilah experiential learning? Istilah tersebut menggambarkan proses belajar melalui pengalaman dan salah satu contohnya adalah saat mengikuti upacara. Di Indonesia, upacara dapat membantu kita belajar membangun rasa cinta dan kebanggaan atas kemerdekaan negara kita dari para penjajah. Tentu teman-teman masih ingat kisah heroik perjuangan para pahlawan di jaman penjajahan dulu, bukan?

Kemudian, upacara membantu kita untuk lebih mudah mengamalkan nilai-nilai di Indonesia. Dalam rangkaian upacara, kita terbiasa untuk melafalkan nilai-nilai tersebut dalam bentuk Pancasila bahkan hingga hapal di luar kepala. Dengan hapal nilai-nilainya, diharapkan akan semakin mudah bagi kita untuk bisa mengamalkannya. Dengan demikian, nilai-nilai tersebut dapat terwujud pada diri kita semua sebagai rakyat Indonesia.

Yang terakhir dan sering tidak kita sadari adalah upacara memperkuat rasa persatuan di antara kita. Di pagi hari kita berkumpul, saling sapa satu sama lain, kemudian menghabiskan waktu bersama untuk mengikuti rangkaian upacara. Tidak kita sadari, kita telah aktif berinteraksi dengan teman-teman sehingga upacara dapat membantu kita untuk bersosialisasi dengan orang lain. Bukankah menyenangkan jika bertemu dengan teman yang sudah lama tidak berjumpa dengan kita di lapangan upacara?

Bagaimana teman-teman? Sekarang sudah tahu tentang manfaat di balik upacara bendera, ya. Patriotisme akan terbangun, kita akan semakin mudah mengamalkan nilai-nilai Indonesia, dan kita juga bisa bersosialisasi dengan teman-teman di sekitar kita. Yuk kita coba untuk lebih menghayati setiap rangkaian kegiatan dari upacara bendera, agar manfaat-manfaat tersebut dapat kita peroleh!

 

Sumber:

Baumeister, A. (n.d). Patriotism. Encyclopedia Britannica. diakses dari

https://www.britannica.com/topic/patriotism-sociology

Girls Scouts of Sierra Nevada. (n.d.). Ceremonies-flag raising and retiring. diakses dari

http://www.gssn.org/content/dam/gssn/documents/Flag_ceremonies.pdf

SHARE THIS ARTICLE