August 8, 2018

Centennials Survey 2018: Kerja Bareng? Why Not!

Kamu yang sedang bersekolah atau berkuliah, bag... read more

July 31, 2018

Centennials Survey 2018: Mau Jadi Apa, Ya?

Apakah teman-teman lahir di antara tahun 1998 h... read more

August 15, 2018

Discover Yourself, Discover Your Future!

“If you discover yourself, a truly yourself, then the world will want to discover you. “ - Raphael Ibrahim

Jakarta - personalgrowth.co.id | Personal Growth, Counseling and People Development berkolaborasi dengan @america, Pusat Kebudayaan Amerika menyelenggarakan sebuah diskusi interaktif dengan  tema “Discover Yourself, Discover Your Future” yang diselenggarakan pada Sabtu, 26 Mei 2018 bertempat di @america, The Pacific Place Mall.

Self-Discovery adalah proses dalam mengenali diri, mengetahui kelebihan, kekurangan, dan tujuan hidup seseorang. Proses ini merupakan fase penting yang umumnya dimulai pada masa remaja. Sebagai pusat konseling dan pengembangan individu, Personal Growth telah bertemu dan mendampingi begitu banyak remaja. Ditemukan bahwa 1 dari 3 remaja usia 11 - 20 tahun, datang ke Personal Growth untuk melakukan konsultasi mengenai masa depan mereka, terutama mengenai life goal, prospek karir, dan apa yang akan mereka lakukan dalam hidup mereka. Oleh karena itu, penyelenggaraan acara “Discover Yourself, Discover Your Future” ini bertujuan untuk menyediakan ruang interaktif bagi para generasi muda untuk dapat berbagi, saling bertukar pikiran, dan tentunya belajar dari para narasumber yang berpengalaman. Mereka adalah para tokoh muda yang sangat inspiratif, yaitu:

  • Ade Nurul Safrina - Economic Journalist, Berita Satu TV

  • Iqbaal Ramadhan - Public Figure

  • Guntur Mallarangeng -  Venture Ops. Manager, Convergence Ventures

  • Felicia Nainggolan -  Psikolog Klinis, Personal Growth

dan dipandu oleh Dea Rizkita, Miss Grand International Indonesia 2017 dan founder Menuju Sekolah.
 

Acara dibuka dengan sambutan dari Raphael Ibrahim, seorang anak muda yang mewakili Personal Growth. Raphael berbicara tentang pentingnya proses self-discovery ini. Ia menjelaskannya melalui sebuah perumpamaan: American Dreams. American Dreams, adalah sebuah istilah yang digunakan oleh kaum imigran pada awal abad ke-20 di mana mereka datang ke tanah Amerika untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dan bekerja, berkarya, menghasilkan sesuatu dari dirinya, karena mereka memiliki mimpi. Setiap orang ini mengenali diri mereka, mereka tahu apa yang mereka mau, dan mereka berusaha mengejar mimpi tersebut. “It doesn’t have to be American Dream, it could be Canadian Dream, it could be Mexican Dream, it could be Nepalis Dream and it could also be Indonesian Dream. Because, of course, our country have many various people that  have their own dreams.” jelas Raphael.

Namun sayang, tampaknya kini ada banyak orang muda yang tidak tahu apa yang mereka inginkan, sehingga dapat dikatakan seolah Indonesia tak lagi memiliki mimpi “it’s like the Indonesian Dream is dead”, seperti yang dikatakan Raphael Ibrahim. Melalui acara “Discover Yourself, Discover Your Future” ini diharapkan para remaja, orang muda, dan siapapun juga dapat memperoleh insight, memperoleh manfaat yang dapat diterapkan bagi dirinya. Sehingga generasi muda kita mau berusaha lebih keras lagi untuk mengenali diri, mau mendengar dan belajar dari orang lain, mengenali keunggulan diri dan tujuan hidup, serta berusaha mengejar mimpi. Proses self-discovery ini sebetulnya akan terus berlangsung selama proses hidup setiap individu dan menjadi penentu keberhasilan masa depan, termasuk masa depan bangsa kita, Indonesia.

SHARE THIS ARTICLE