July 31, 2018

Centennials Survey 2018: Mau Jadi Apa, Ya?

Apakah teman-teman lahir di antara tahun 1998 h... read more

July 27, 2018

Kenapa Anak Jaman Sekarang Main Gadget Terus?

“Kenapa sih anak jaman sekarang semuanya ... read more

August 8, 2018

Centennials Survey 2018: Kerja Bareng? Why Not!

Kamu yang sedang bersekolah atau berkuliah, bagaimana rasanya ketika mengerjakan tugas kelompok? Apakah tugas jadi lebih mudah, atau justru lebih sulit? Banyak dari tugas tersebut melatih kemampuan kamu untuk bekerjasama dengan orang lain. Memang, mampu bekerjasama itu penting ya?

 

Sebagai manusia, kita adalah makhluk sosial sehingga secara alami akan berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain. Menurut survei yang dilakukan oleh Personal Growth pada tahun 2018, generasi yang lahir pada periode tahun 1998 hingga 2011 memandang bahwa kemampuan bekerjasama adalah yang paling penting untuk dimiliki seorang pemimpin. Menurut para ahli pula, banyak tantangan di berbagai bidang seperti olahraga, kesehatan, dan sebagainya, yang dapat diselesaikan dengan lebih baik melalui kerjasama. Selain itu, bekerjasama juga diperlukan hingga nanti ketika kamu bekerja setelah lulus.

 

Bekerjasama adalah proses mengerjakan tugas bersama dengan orang lain untuk mendapatkan hasil bersama yang lebih optimal. Pekerjaan akan terasa lebih mudah dan efektif jika diselesaikan dengan kerjasama yang baik. Hal ini karena beban tugas akan dibagi ke seluruh anggota kelompok dan semua dapat berkontribusi sesuai dengan potensi masing-masing. Tentu kamu ingat semboyan “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”, bukan?

 

Jadi, bagaimana cara agar lebih mampu bekerjasama? Beberapa hal yang dapat dilakukan salah satunya adalah memperbanyak introspeksi diri. Dengan menilai diri, kamu dapat lebih mengerti kelebihan dan kekurangan diri sehingga dapat meningkatkan performa dalam menyelesaikan tugas. Selanjutnya adalah melatih diri untuk dapat memberi masukan kepada orang lain. Masukan yang baik dan disampaikan dengan cara yang tepat akan meningkatkan performa anggota kelompok dalam mengerjakan tugas.

 

Ayo tingkatkan kemampuan bekerjasama agar lebih banyak pekerjaan dapat selesai namun tetap terasa lebih mudah!

Sumber:

 

Marks, M. A.,  Mathieu, J. E., &  Zaccaro, S. J. (2001). Academy of Management Review.

McEwan, D., &  Beauchamp, M. R.  (2014). International Review of Sport and Exercise

Psychology.

Hughes, A. M.,  Gregory, M. E., Joseph, D. L.,  Sonesh, S. C., Marlow, S. L., Lacerenza, C.

N., & Salas, E.  (2016). Journal of Applied Psychology.

Willey, K., & Freeman, M. (2006). Completing the learning cycle: The role of formative

feedback when using self and peer assessment to improve teamwork and

engagement. In AAEE-Annual Conference of Australasian Association for

Engineering Education. School of Engineering, Auckland University of Technology,

Auckland, New Zealand.

 

SHARE THIS ARTICLE