July 27, 2018

Kenapa Anak Jaman Sekarang Main Gadget Terus?

“Kenapa sih anak jaman sekarang semuanya ... read more

July 5, 2018

Effects Of Physical Activity In Children With ASD

By: Regina Rachel Poniman, B.A. in Psychology... read more

July 31, 2018

Centennials Survey 2018: Mau Jadi Apa, Ya?

Apakah teman-teman lahir di antara tahun 1998 hingga 2011? Sudah tahu ingin bekerja di bidang apa? Banyak dari teman-teman yang beranjak dewasa mengalami kegalauan dan belum memiliki gambaran tentang diri di masa depan. Hal ini wajar terjadi karena pada masa remaja kita memang sedang dalam tahap pencarian identitas, termasuk mengenai ingin jadi apa di masa depan. Jika teman-teman para Centennials sedang mengalami kegalauan yang sama, teman-teman bisa melihat lima bidang pekerjaan yang paling diminati oleh para Centennials lainnya berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Personal Growth pada tahun 2018 berikut ini.

 

Di urutan pertama sebagai bidang yang paling diminati adalah Administrasi dan Manajemen Bisnis. Berbagai profesi yang terdapat di bidang ini di antaranya adalah personal assistant, customer service manager, human resource manager, event manager, project manager dan management consultant. Jika tertarik dengan bidang ini, teman-teman bisa mendalami ilmu administrasi, manajemen, dan psikologi, serta mengembangkan kemampuan berkomunikasi, leadership, dan problem solving.

 

Yang kedua adalah bidang Seni, Kerajinan Tangan dan Desain. Jika teman-teman tertarik untuk menjadi berbagai macam designer, mulai dari pakaian, perhiasan, interior rumah, bahkan hingga menjadi designer produk dan grafis. Selain itu, terdapat juga profesi seperti fotografer, ilustrator, dan makeup artist. Sudah banyak tempat belajar untuk mendalaminya seperti institut seni, fakultas seni di universitas-universitas, sanggar seni, tempat kursus, dan lain sebagainya. Selain itu, kembangkan juga kreativitas diri dan kemampuan berkomunikasi, serta disiplin agar karya yang dihasilkan semakin baik.

 

Bidang yang ketiga adalah Seni Peran, Media dan Jurnalisme yang mencakup musisi, penari, aktor, sutradara TV/film, produser, cameraman, sound engineer, jurnalis, penulis, dan editor. Selain mendalami ilmu yang berkaitan, teman-teman juga bisa memperbanyak pengalaman dengan terlibat langsung dalam proyek-proyek kreatif, jika teman-teman tertarik dengan bidang ini.

 

Keempat, bidang Kesehatan yang mencakup profesi dokter, apoteker, dan fisioterapis. Mendalami ilmu kedokteran, farmasi, fisioterapi, fisika, dan sebagainya, dapat menunjang teman-teman yang ingin berprofesi di bidang ini.

 

Yang terakhir adalah bidang Pelayanan Sosial dan Pengajaran yang mencakup guru, dosen, pustakawan, psikolog, konselor, dan pekerja sosial. Jika tertarik dengan bidang ini, teman-teman bisa mendalami ilmu psikologi, ilmu pendidikan, dan sebagainya, serta memperbanyak pengalaman dengan mengikuti berbagai kegiatan sukarela.

 

Bagaimana teman-teman? Apakah sudah mulai terbayang ingin jadi apa? Tidak perlu terburu-buru karena cita-cita adalah salah satu keputusan yang perlu dipikirkan dengan baik. Perbanyak mencari informasi dan pengalaman yang berkaitan dengan bidang-bidang yang mungkin kamu minati agar semakin mantap dalam memilih keputusan. Semangat!

SHARE THIS ARTICLE