July 5, 2018

Effects Of Physical Activity In Children With ASD

By: Regina Rachel Poniman, B.A. in Psychology... read more

July 4, 2018

Are You Willing To Forgive?

Oleh: Kantiana Taslim, M.Psi, Psikolog

Pe... read more

July 27, 2018

Kenapa Anak Jaman Sekarang Main Gadget Terus?

“Kenapa sih anak jaman sekarang semuanya pegang gadget terus?”

Kalian pernah dengar orang yang lebih tua seperti ibu, ayah, guru, tetangga, atau ibu-ibu yang lewat, berkata seperti itu? Mungkin saja, anak jaman sekarang yang dimaksud adalah para Centennials.

 

Centennials adalah generasi yang lahir pada periode tahun 1998 hingga 2011. Mereka, para Centennials, sangat dekat dengan teknologi. Dekatnya Centennials dengan teknologi ditunjukkan oleh hasil survei yang dilakukan oleh Personal Growth pada 2018, yaitu bahwa 48% dari Centennials menghabiskan waktu dengan gadgetnya selama lebih dari lima jam! Bagaimana ini bisa terjadi?

 

Generasi ini lahir di awal abad 21 dan tumbuh bersama dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Dengan lahirnya generasi ini pada masa transisi ke abad baru, yaitu abad ke 21, mereka tumbuh dan berkembang bersamaan dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju. Hal ini yang kadang membuat para orang tua dari generasi sebelumnya jadi geleng-geleng kepala karena takjub melihat para Centennials sangat ahli dalam teknologi.

 

Selain karena lahir di “jaman sekarang”, akrabnya para Centennials dengan teknologi juga karena mereka sering terpapar dengan teknologi, bahkan sejak usia muda. Dari hasil survei tersebut pula, sebagian besar Centennials di Jabodetabek terpapar dan mendapatkan gadget dari orang tua pada rentang usia 7 hingga 12 tahun. Pantas saja adik-adik Centennials kita yang duduk di sekolah dasar sudah pandai bermain gadget, ya!

 

Akrabnya mereka juga disebabkan oleh bagaimana orang tua membesarkan para Centennials. Diketahui bahwa 60% dari para Centennials tersebut  dibesarkan dengan pola asuh authoritative. Pola asuh ini menghargai pendapat anak sehingga orang tua dapat memahami anak dan menghasilkan aturan-aturan berdasarkan diskusi dengan anak. Dari diskusi tersebut, anak dapat memberikan pendapatnya tentang gadget dan orang tua dapat menjelaskan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan gadget yang dimiliki. Dengan demikian, anak tetap dapat menggunakan gadgetnya dengan pengawasan yang cukup dari orang tua.

Jadi, tidak perlu kaget atau kesal jika melihat teman-teman atau adik-adik Centennials kita sangat lihai bermain dengan gadget mereka, ya! Cukup ajari bagaimana cara menggunakan teknologi untuk hal-hal yang positif agar tetap bermanfaat!

 

Sumber:

Williams, D., Parsons, L., McQuiston, M., Ellis, I., Penner, A., Crusoe, D., Walch, T., Collins,

K., & Madriga, K. (2017). Voice, choice, access, & passion: Preparing the centennial

generation for leadership. Atlanta, GA: Boys and Girls Clubs of America.

Personal Growth. (2018). All about gen-z: Centennials.

SHARE THIS ARTICLE