May 22, 2018

Into The Future: World After Graduation

Into the Future: World after Graduation... read more

April 3, 2018

Self-Injury Awareness Day: Ketahui Dan Pahami Lebih Lan

Self-Injury Awareness Day : Ketahui dan Pahami ... read more

May 23, 2018

Equality for Women in Job

Equality for Women in Job

Oleh: Talissa Carmelia, M.Psi., Psikolog

Apakah kalian tahu Sri Mulyani ? Amal Clooney? Susan Wojciki? Mereka adalah wanita sukses diantara pria di bidangnya. Sri Mulyani adalah Menteri Keuangan Republik Indonesia sejak tahun 2016. Amal Clooney adalah pengacara khusus hukum internasional dan hak asasi manusia. Sedangkan Susan Wojchiki adalah CEO Youtube  sejak tahun 2014, dan berkarir di bidang teknologi dan digital. Kesuksesan mereka dicapai dengan kerja keras dan passion. Banyak tantangan yang perlu dihadapi para wanita khususnya ketika wanita yang memiliki prejudice bahwa pria selalu perform lebih baik daripada wanita.

Berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada tahun 2016, wanita hanya mendominasi di tiga dari 14 bidang pekerjaan yaitu pendidikan, jasa kesehatan dan kegiatan sosial dan jasa lainnya. Sedangkan pria mendominasi  di 11 bidang lainnya seperti bidang perdagangan, asuransi, pertambangan, pengolahan, komunikasi, administrasi pemerintahan, keuangan, sosial, perusahaan, real estate, listrik, dan pembangunan. Dunia dipenuhi pandangan favorism untuk pria dan wanita selalu menjadi nomor dua. Tapi apakah pria selalu lebih baik dari wanita?

Jawabannya adalah tidak. Setiap wanita dan pria diciptakan dengan potensi beserta dengan kelebihan dan kekurangannya.  Yang membedakannya adalah bagaimana mereka mengembangkan potensi dan kelebihannya untuk menjadi resources. Wanita memiliki potensi yang sama untuk perform, bahkan lebih baik dibandingkan dengan pria.  Oleh karena itu, bagi para wanita yang sedang mencari jurusan ataupun pekerjaan, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan potensi anda. Jangan takut untuk memilih pekerjaan yang didominasi oleh pria. Karena wanita memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam memlih pekerjaan di masa depan.

SHARE THIS ARTICLE