April 3, 2018

Self-Injury Awareness Day: Ketahui Dan Pahami Lebih Lan

Self-Injury Awareness Day : Ketahui dan Pahami ... read more

March 21, 2018

Job Offer: People And Organization Development Consulta

We’re looking for young, dynamic individu... read more

May 22, 2018

Into the Future: World After Graduation

Into the Future: World after Graduation

Oleh: Kantiana Taslim, M.Psi., Psikolog

First thing first, selamat untuk kalian yang baru saja selesai menjalani ujian, juga untuk kalian yang telah mendapat kabar mengenai kelulusannya! Semoga semua rencana dan cita-cita ke depannya selalu dilancarkan ya! Ketika kita bicara mengenai ujian dan kelulusan, hal tersebut biasanya tidak terlepas dari prestasi yang diperoleh. Banyak siswa yang sebenarnya struggle untuk memperoleh prestasi yang baik secara akademis, tetapi bekerja keras mencapainya karena hal tersebut diperlukan dan dianggap penting terkait langkah selanjutnya dalam meraih masa depan, yaitu melanjutkan pendidikan tingi ke berbagai universitas ternama dan memiliki peringkat baik secara global.

Namun, apakah benar mendapatkan nilai dan prestasi yang baik secara akademis merupakan hal paling utama yang harus dipenuhi sebagai tiket menuju kesuksesan? Untuk mencapai sukses dalam studi, karir, dan hidup, terdapat berbagai faktor lain yang berpengaruh dan penting untuk diperhatikan. Apa saja faktor-faktor tersebut?

·       Fokuslah lebih kepada proses yang kalian jalani dibandingkan kepada hasilnya

Untuk mencapai sukses yang dicita-citakan, ada berbagai hal penting yang harus dimiliki di antaranya adalah etika kerja, kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, serta resiliensi diri. Dalam dunia kerja dan dunia pendidikan tinggi, kalian akan dituntut untuk memilik etika kerja yang baik, artinya kalian harus paham bagaimana cara bersikap di masyarakat, bekerja secara cerdas, dan gigih untuk menampilkan performa yang luar biasa. Selain itu, dunia semakin berkembang dan perusahaan dituntut untuk menyejajarkan diri, atau bahkan unggul dalam dunia bisnis secara global. Demi meraih hal tersebut, diperlukan sumber daya manusia yang kompeten, sehingga bagaimana seseorang dapat berinovasi dengan kreatif, mengambil keputusan, serta menerapkan solusi praktis secara cepat-tepat adalah hal yang utamanya dicari oleh berbagai perusahaan. Oleh karena itu, berproseslah sehingga kalian dapat menjadi sumber daya manusia yang kompeten dan berprestasi dalam bidang keahlian masing-masing.

·       Lakukan berbagai aktivitas yang produktif, fun, dan kamu senangi

Rasa bosan dan tidak tahu harus berbuat apa wajar dirasakan dan dialami oleh masing-masing dari kita. Namun, rasa bosan yang dibiarkan dapat menjadi faktor yang membuat seseorang menjadi tidak produktif dan tidak termotivasi untuk mengembangkan dirinya. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah mencari berbagai kegiatan yang menyenangkan, menarik minatmu, dan merupakan suatu investasi untuk mengembangkan diri

·       Tingkatkan independensi dirimu

Do some away-from-home experience! Carilah pengalaman magang, volunteering activity, atau berbagai kursus singkat baik di luar kota maupun di luar negeri. Hal ini dapat menambah pengalaman, melatih kemampuan perencanaan, dan mengoptimalkan perencanaan diri. Ini saatnya untuk take control of your own personal growth!

·       Discover yourself,discover your talent, discover your future

Last but not least, perbanyak dan eksplorasi berbagai pilihan kegiatan yang sekiranya tepat untukmu. Kamu dapat mengikuti berbagai kegiatan produktif yang telah disebutkan di atas, misalnya mendaftar magang, volunteering activity, kursus singkat, menghadiri berbagai seminar dan kegiatan diskusi yang menarik minatmu, bergabung dengan berbagai komunitas, mengikuti program summer camp atau homestay, dan lainya. Dengan terpapar kepada berbagai pengalaman dan kesempatan, kamu dapat menggali serta mendapatkan insight diri mengenai berbagai hal yang kamu senangi, tidak disenangi, passion-mu, and even the things you want to pursue further. Jika masih belum terlalu yakin dengan bakat dan minat studimu, kamu dapat mengikuti asesmen minat-bakat di Personal Growth.

Selamat berproses teman-teman! Keep growing, and keep impact the world!

SHARE THIS ARTICLE