November 17, 2017

Kesehatan Mental Itu Penting Loh!

<p>&ldquo;<em>There is no health w... read more

October 30, 2017

#Foodporn: Di Balik Tren Unggah Foto Makanan

Oleh: Stephanie Anggun Mering

Development... read more

January 12, 2018

Perjalanan Baru di Tahun 2018!

Oleh:

Veronica Adesla, M.Psi., Psikolog

Psikolog Personal Growth, Counseling and People Development

Biro Konseling Psikologi, Jakarta.

 

Apakah kamu termasuk orang yang memasuki bulan pertama di tahun baru ini dengan bersemangat? Atau justru kamu melewati hari-hari dengan penuh kekhawatiran, tidak semangat, merasa semuanya akan berjalan sama saja seperti tahun-tahun sebelumnya? Sudahkah kamu mempersiapkan apa saja yang akan dilakukan di tahun ini ataukah kamu memilih untuk menjalaninya secara mengalir seperti air? Mana yang baik dan seharusnya dilakukan ketika memasuki tahun yang baru? Apakah sebenarnya ada rumusan yang pasti?

 

Menata hidup bukan pekerjaan mudah. Ketika saya mengevaluasi kembali hidup yang sudah saya jalani, Saya mengalami kepusingan selama hampir dua bulan terakhir di tahun 2017. Saya menemukan diri saya saat ini masih sangat jauh dari impian saya akan sebuah kehidupan bermakna yang saya inginkan. Saya sangat bersyukur akan hari ini, tapi saya sadar, saya harus menginjak gas kencang-kencang untuk dapat mengejar hari-hari di masa lalu yang kurang saya gunakan dengan optimal. Masa depan saya tidak ditentukan oleh masa lalu tapi oleh apa yang saya lakukan saat ini.

 

Ini adalah sebuah ilustrasi bagaimana proses saya menata kembali hidup saya. Demikian saya memulai dengan membuka “peti” kehidupan saya, saya mulai mengeluarkan semua isi di dalamnya, membedah semua aspek dalam kehidupan saya. Saya menemukan harta berharga dan sebuah peta harta karun yang sudah lama saya abaikan. Saya juga menemukan hal-hal yang sudah saya kumpulkan dan berharga. Ada pula hal-hal yang sudah saya kumpulkan namun tidak berharga. Saya bahkan menemukan debu dan ngengat yang harus saya bersihkan dari peti saya. Saya pun mulai mengamati kembali peta harta karun tersebut dan memeriksa posisi saya saat ini. Di sini saya mulai merasakan berbagai emosi negatif bercampur aduk karena ternyata saya masih jauh dari tempat harta karun tersebut berada. Namun saya kembali ingat bahwa masa depan saya ditentukan oleh apa yang saya lakukan saat ini. Saya pun mulai mengatur strategi untuk melanjutkan pertualangan hidup sesuai dengan peta yang sudah ada. Saya mengatur segala hal yang perlu dipersiapkan sebagai bekal perjalanan, dan rute yang harus saya ambil.

 

Kamu mungkin memiliki ilustrasi hidup yang berbeda, mungkin ilustrasi hidup kamu seperti sebuah pertualangan, perjalanan wisata, atau roller coaster. Manapun yang menjadi ilustrasi hidup kamu, Kamu pasti pernah mengalami saat buruk dan saat bahagia dalam menjalaninya. Kamu mungkin juga pernah mengalami saat-saat dimana gambaran hidup terasa kabur dan juga saat-saat dimana kamu berhasil mengerjakan sesuatu hal. Apapun kondisi kamu saat ini, “Hei!!! ini tahun yang baru, maka mari menjadi diri yang baru. Diri yang jauh lebih baik!” Ini saatnya kamu meningkatkan kebiasaan baik, dan mengganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan baru yang super keren! Ayo! Buka “peti” kehidupan kamu dan mulailah menata kembali hidup kamu. Tidak pernah ada kata terlambat dan tidak pernah ada kata berhenti berkembang di dalam menjalani hidup. Let’s impact the world.

SHARE THIS ARTICLE