October 30, 2017

#Foodporn: Di Balik Tren Unggah Foto Makanan

Oleh: Stephanie Anggun Mering

Development... read more

October 6, 2017

Teknologi Berbasis Visual: Anak Muda Bisa!

Oleh: Ninette Putri Mustika

Development O... read more

November 17, 2017

Kesehatan mental itu penting loh!

Oleh       : Rezky Zaintiara Gusnadindra

Counseling and Development Intern

 

There is no health without mental health” – David Satcher

Kalian sering gak sih mendengar kalimat “jangan hanya kesehatan jasmani saja yang dijaga, tapi kesehatan mental juga”, seperti kutipan quotes di atas, seseorang tidak bisa dibilang sehat jika tanpa ada kesehatan mental dari dirinya. Bahkan ada hari peringatan kesehatan mental loh setiap tanggal 10 Oktober. Segitu pentingnyakah kesehatan mental? Apa sih kesehatan mental itu?

Menurut World Health Organization ([WHO], 2014) kesehatan mental adalah keadaan di mana setiap individu menyadari potensi dirinya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup, dapat bekerja secara produktif dan bermanfaat, serta dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat. Kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial kita.Kesehatan mental juga  mempengaruhi bagaimana kita berpikir, merasakan, dan bertindak serta membantu menentukan bagaimana kita menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan. Kesehatan mental penting pada setiap tahap kehidupan, sejak kecil dan remaja sampai dewasa (U.S Department of Health & Human Services, 2017). Menurut Adesla (2016) Orang yang sehat mental akan mampu menghadapi tantangan dan kendala dengan optimal, berpikir dengan jernih dan memberikan yang terbaik yang mampu dilakukannya

Dari pengertian kesehatan mental di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa kesehatan mental adalah keadaan dimana setiap individu menentukan bagaimana caranya menangani stres atau tantangan dengan optimal, berhubungan kepada orang lain dengan cara berkontribusi kepada masyarakat, dan berpikir jernih dalam membuat pilihan di kehidupannya. Apa sih faktor yang berkontribusi pada masalah kesehatan mental? U.S Department of Health & Human Services (2017) menyebutkan bahwa faktor yang berkontribusi terhadap masalah kesehatan mental antara lain, (a) Faktor biologis, seperti gen atau kimia otak; (b) Pengalaman hidup, seperti trauma atau pelecehan; dan (c) Riwayat keluarga, adanya keluarga yang mengalami masalah kesehatan mental.

Apa saja tanda-tanda seseorang yang mengalami masalah kesehatan mental? Nah, kamu bisa mendeteksi dini seseorang yang mengalami masalah dengan kesehatan mental nih. Menurut U.S Department of Health & Human Services (2017) tanda-tanda peringatan dini adanya masalah kesehatan mental adalah (a) makan terlalu banyak atau sedikit, (b) menarik diri dari orang lain ataupun aktifitasnya, (c) tidak memiliki banyak energi, (d) memiliki rasa sakit yang tida bisa dijelaskan, (e) merasa tidak berdaya, (f) sering lupa, marah, cemas, takut, dan bingung, (g) sering bertengkar dengan teman ataupun keluarga, (h) mengalami perubahan suasana hati yang menimbulkan masalah, (i) memikirkan hal yang sama secara terus-menerus, (j) mendengar suara atau percaya dengan hal yang tidak nyata, dan (k) tidak mampu melakukan tugas sehari-hari. Setelah kamu mengetahui tanda-tanda adanya masalah kesehatan mental, tentunya kamu jadi lebih tahu deh jika ada di sekitar kita yang memiliki masalah dengan kesehatan mental.

Setelah kamu tahu tanda-tanda seseorang yang mengalami masalah pada kesehatan mental, kamu juga harus tahu nih pertolongan pertama jika di sekitar kita ada yang mengalami masalah kesehatan mental. Pertolongan yang dapat kamu berikan adalah, (a) buatlah diri kamu sebisa mungkin mengerti tentang masalah yang ia hadapi, (b) mulailah pembicaraan dengan baik, jangan berdebat, dan dengarkan ia tanpa merubah dirinya, kamu harus fokus untuk membangun rasa percayanya kepada kamu, (c) tawarkan bantuanmu, apa yang harus kamu bantu agar ia dapat kembali normal, dan (d) jagalah kesehatan mental dirimu sendiri, karena terkadang seseorang yang membantu masalah kesehatan mental, dapat juga mengalami masalah pada dirinya sendiri (Maxwell, 2012).

Dalam penjelasan diatas, disebutkan bahwa kita juga perlu menjaga kesehatan mental diri sendiri. Bagaimana cara menjaga kesehatan mental diri sendiri? Menurut Mental Health Foundation (2017), cara menjaga diri sendiri dari masalah kesehatan mental adalah (a) bicarakan apa yang kamu rasakan, (b) tetaplah menjadi pribadi yang aktif, (c) jagalah hubungan dengan orang-orang di sekitarmu, (d) mintalah bantuan, jika kamu merasa lelah, (e) istirahatlah sejenak untuk menenangkan diri, (f) lakukan suatu kerjaan yang kamu kuasai. (g) terimalah dirimu sendiri apa adanya, dan (h) berikan perhatian kepada orang lain.

Sekarang sudah tau kan apa itu kesehatan mental, deteksi dini masalahnya,penanganan, serta pencegahannya. Ternyata kesehatan mental itu penting ya. Yuk kita jaga kesehatan mental diri kita dan orang lain di sekitar kita! Happy Mental Health Day!

 

Referensi:

Adesla, V. (2017, Maret 13). Pindah kerja atau bertahan?. Diunduh dari www.personalgrowth.co.id

Maxwell, V. (2012, September 30). How to Help a Loved One with a Mental Illness. Retrieved from www.psychologytoday.com

Mental Health Foundation. (2017). How to look after your mental health. Retrieved from www.mentalhealth.org.uk

U. S Department of Health & Human Services. (2017). What is mental health?. Retrieved from www.mentalhealth.gov

World Health Organization [WHO]. (2014, Agustus). Mental health: a state of well-being. Retrieved from http://www.who.int

 

 

 

SHARE THIS ARTICLE