September 18, 2017

Peer Pressure: A Hallmark Of Adolescent Experience

Guiding oneself through Adolescence is challeng... read more

September 12, 2017

We Are Hiring - Receptionist

Apakah kamu yang kami cari?
Personal Growt... read more

October 6, 2017

Teknologi berbasis Visual: Anak Muda Bisa!

Oleh: Ninette Putri Mustika

Development Officer

 

Pernahkah kamu mendengar tentang pelabuhan modern di berbagai titik di Indonesia? Atau pembangunan MRT yang marak di wilayah Jakarta?

Pembangunan-pembangunan tersebut merupakan pembangunan infrastruktur yang tersebar di beberapa titik di Indonesia. Tidak sedikit masyarakat yang penasaran proses dan kabar terbaru dari pembangunan tersebut. Namun, bagaimana caranya agar kita dapat melihat pembangunan yang dibangun oleh pemerintah dari dekat?

Sekarang, tidak perlu lagi untuk kesulitan melihat infrastruktur yang telah dibangun oleh pemerintah selama tiga tahun ke belakang. Proyek infrastruktur yang berhasil dibangun tersebut dipamerkan lewat pameran foto. Hari Jumat, 29 September 2017 kemarin, pameran yang bertajuk “Menjelajahi Infrastruktur Indonesia” dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Kepresidenan, Bapak Teten Masduki. Pameran ini akan digelar dari bulan Oktober – Desember  2017 di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Medan, dan Makassar.

Pameran infrastruktur ini bertujuan untuk mengenalkan pada masyarakat bahwa pembangunan infrastruktur itu benar adanya dan dibangun untuk masyarakat Indonesia. Pameran ini juga membuktikan bahwa pembangunan infrastruktur tidak harus menggunakan rencana keuangan tahunan pemerintahan Indonesia atau APBN, melainkan dapat pula dibiayai oleh BUMN dan para investor.

Pameran ini menyuguhkan berbagai macam foto mengenai pembangunan infrastruktur di pulau-pulau terluar Indonesia serta perbatasan yang dikemas dalam tema Gerbang Indonesia. Selain itu, ada pula foto-foto yang bertema Menghubungkan Indonesia, jalan tol, jaringan kereta api, pelabuhan-pelabuhan modern, dan foto-foto pembangunan MRT dan LRT. Ada pula foto-foto pembangunan infrastruktur di bidang pertanian dan pangan, serta ketenagalistrikan. Hal paling menarik adalah di pameran ini terdapat foto-foto pembangunan trans Papua yang sejak lama diidam-idamkan.

Uniknya, tidak hanya pameran foto, melainkan juga terdapat kegiatan yang dapat dilakukan oleh para pengunjung, seperti kuis interaktif dan floor interactive learning untuk semua umur. Semua permainan tersebut berbasis teknologi dengan gambar visual yang menarik. Hal ini membuat pengunjung tertarik untuk mempelajari serta mengapresiasi pembangunan infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah ini.

Kemudian, muncul lah sebuah pertanyaan. Mengapa memamerkan pameran infrastruktur ini menggunakan foto dan gambar visual berbasis teknologi?

Menurut Kepala Staf Kepresidenan Indonesia, Teten Masduki, gambar dapat berbicara lebih banyak dibandingkan dengan kata-kata. Pernyataan ini didukung oleh berbagai penelitian di bidang psikologi. Dansereau dan Simpson (2009) mengatakan bahwa visual display lebih menguntungkan dibandingkan dengan kata-kata, serta inovasi berbasis teknologi seperti infografis, dapat memberikan informasi lebih efektif. Winn (1991) juga mengatakan bahwa pemberian informasi secara visual lebih efisien dibandingkan dengan bahasa. Hal tersebut menjadi alasan mengapa pameran Menjelajahi Infrastruktur Indonesia ini menjadi ramai pengunjung.

Tidak hanya itu saja yang membuat pameran ini menarik, melainkan foto-foto yang ditampilkan merupakan foto hasil karya anak muda Indonesia dari seluruh tanah air. Terdapat sekitar 5000 foto yang dikirimkan oleh seluruh anak muda di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa banyak anak muda yang berpartisipasi dalam mengapresiasi pembangunan Indonesia. Anak-anak muda tersebut juga sudah mahir menggunakan teknologi, khususnya kamera. Karya-karya tersebut dapat memotivasi anak muda untuk terus berkarya guna memajukan Negara Indonesia.

Anak muda yang sudah mahir menggunakan teknologi menjadi salah satu contoh hal positif dari adanya teknologi saat ini. Terdapat berbagai cara-cara positif bahwa teknologi mempengaruhi kehidupan kita, seperti mudahnya akses informasi. Terbukti bahwa teknologi dapat membuat kualitas hidup kita meningkat menjadi lebih baik (Ybarra, 2013). Jadi, jangan takut untuk berkarya melalui teknologi!

 

 

Sumber

Dansereau, D. F., & Simpson, D. D. (2009). A picture is worth a thousand words: The case for graphic representations. Professional Psychology: Research and Practice40(1), 104.

Winn, W. (1991). Learning from maps and diagrams. Educational Psychology Review, 3, 211–247.

Ybarra, M. (2013). Teens and Technology. Psychology Today. Retrieved from https://www.psychologytoday.com/blog/connected/201312/teens-and-technology

SHARE THIS ARTICLE