May 4, 2017

Apakah Anda Mengalami Burnout?

Bangun tidur, mengarungi macetnya Jakarta untuk... read more

May 4, 2017

For One Is Silver, The Other Is Gold

Umumnya relasi dalam dunia pekerjaan sering dia... read more

May 4, 2017

Work Hard, Play Hard

Bekerja merupakan bentuk usaha seseorang untuk mendapatkan uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-harinya. Sebagaian besar orang akan merasakan ada hal lain yang harus diperhatikan dalam bekerja. Hal yang dimaksud adalah kehidupan pribadi yang dijalani dalam kesehariannya seperti hidup di tempat kerja, pekerjaan dan keluarga, serta pekerjaan dan pemenuhan pribadi. Nah, apakah Anda juga merasakan seperti itu? Apabila Anda merasakan itu, maka dibutuhkannya work life balance. Apasih work life balance itu? Menurut Lockwood (2003) work life balance merupakan suatu keadaan seimbang pada dua tuntutan individu yaitu pekerjaan dan kehidupan pribadinya haruslah sama. Sedangkan menurut Singh (2013) work life balance adalah konsep luas yang melibatkan penetapan prioritas yang tepat antara pekerjaan (karir dan ambisi) dengan kehidupan (kebahagiaan, waktu luang, keluarga, dan pengembangan spiritual).

Diandra Paramita Sastrowardoyo atau yang biasa dikenal dengan Dian Sastro merupakan seorang entertain yang banyak dikagumi. Dian Sastro merupakan ibu dari dua orang anak yang dikenal sebagai aktris cantik dan pintar. Dian Sastro mendapatkan julukan tersebut karena selain mampu berkarir di dunia entertain sebagai aktris, ia tetap dapat melanjutkan pendidikan dan mengurus kedua anaknya. Kemampuan Dian Sastro dalam membagi waktu dan pikiran dalam hidupnya membuat ia memiliki work life balance yang sangat baik.

Apa sih manfaat dari work life balance? Manfaat dari work life balance ialah untuk mengurangi stress, meningkatkan produktivitas, dan menjadikan individu lebih well-being (sejahtera). Individu yang dapat enjoy dengan hidupnya akan mampu mengurangi sumber stress dirinya. Apabila individu tidak stress maka ia akan mampu lebih produktif. Individu yang tidak stress, dan lebih produktif, ia akan menjadi individu yang merasa well-being.

Lalu, bagaimanakah cara agar mampu untuk work life balance?

  1. Buat jadwal waktu luang Anda dengan keluarga atau teman.
  2. Berikan waktu satu minggu sekali untuk me time, yaitu melakukan aktivitas sesuai dengan kemauan Anda tanpa harus diganggu oleh orang lain. Contohnya shopping, spa, main game, melakukan hobi, dan lain-lain.
  3. Olahraga dengan rutin agar Anda menjadi lebih fresh.
  4. Mengenali tugas Anda di lingkungan kerja, keluarga, dan masyarakat. Hal ini bertujuan agar Anda tetap dapat bertanggung jawab terhadap setiap tugas di kehidupan.

Keseimbangan dalam kehidupan tidak hanya sebagai keseimbangan pembagian waktu dan tenaga, namun merupakan keseimbangan untuk tumbuh dan berkembang ke arah yang positif (lebih baik) dalam pekerjaannya dan kehidupan sehari-hari. Hal ini juga termasuk pada kemampuan individu untuk mengubah prioritas kerja atau kehidupan sesuai dengan harapan dan kebutuhannya. Perubahan ini baik untuk mengembangkan kegiatan di luar pekerjaan (seperti memiliki anak, memperpanjang liburan) dan atau tumbuh di pekerjaan (seperti bekerja keras untuk mendapatkan promosi). Individu yang mampu menyeimbangkan segala aspek kehidupannya merupakan individu yang sukses.

Oleh :

Fajrin Trisnaramawati

Development Center Officer of Personal Growth

www.personalgrowth.co.id

 

SHARE THIS ARTICLE