December 24, 2019

How Tolerance Nourishes Romantic Relationship 

Di salah satu sesi konseling pra-pernikahan yan... read more

December 23, 2019

Toleransi: Bekal Anak Sukses Di Masa Depan

Masih ingatkah kita pada kasus penistaan agama ... read more

December 26, 2019

The Easier Ways to Say ‘I Love you, Mom’

Seperti yang kamu tahu, bahkan sejak SD, Hari Ibu Nasional diperingati setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Ternyata, penetapan tersebut sudah dibuat sejak Kongres Perempuan ketiga di Bandung, pada tanggal 22 hingga 27 Juli 1938. Hari Ibu Nasional dibuat untuk memperingati Kongres Perempuan pertama pada tanggal 22 hingga 25 Desember yang bertempat di Yogyakarta. Kongres ini awalnya diselenggarakan atas dasar kesamaan pandangan untuk mengubah nasib perempuan di tanah air, meliputi pendidikan perempuan, isu perkawinan paksa sejak dini, permaduan, kekerasan dalam rumah tangga, hingga perceraian. Oleh karena itu, Hari Ibu diperingati setiap tahunnya untuk menghargai para perempuan Indonesia, terutama yang telah mengemban tugas sebagai seorang ibu.

Namun ternyata, Hari Ibu juga dirayakan di negara-negara di seluruh dunia pada waktu yang berbeda-beda dengan cara yang berbeda-beda pula. Di Inggris, Hari Ibu dirayakan setiap hari minggu ke-4 sebelum Paskah, yang disebut Mothering Sunday. Biasanya, anak-anak  membuat kue khusus bernama Mothering Cakes/ Simnel Cakes untuk ibunya, sebagai tanda terima kasih karena telah membesarkan mereka. Sementara di Thailand, Hari Ibu diperingati setiap hari ulang tahun Ratu yang sedang duduk di tahta, sehingga perayaannya diselenggarakan dengan meriah dan penuh sukacita. Di kota-kota besar dari seluruh Thailand diadakan parade dan konser, yang ditutup dengan pesta kembang api. Begitu pula di Jerman, Amerika Serikat, dan negara-negara barat lainnya, Hari Ibu dirayakan tahunan setiap hari minggu kedua di bulan Mei. Yang menjadi kesamaan dari semua perayaan Hari Ibu di dunia adalah penghargaan dan cinta yang diberikan secara spesial di hari tersebut.

Akhir-akhir ini, kamu pasti pusing memikirkan hal apa yang dapat membuat Hari Ibu kali ini berkesan. Ternyata, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk menunjukan kasih sayang selama Hari Ibu. Apa sajakah itu?

1. Ucapkan Selamat Hari Ibu

Sepatah dua patah kalimat ucapan selamat Hari Ibu dan kalimat “I Love You” dapat menjadi permulaan yang manis untuk hari itu. Kamu bisa melakukannya secara langsung ataupun dengan kartu ucapan lucu. 

2. Tunjukkan Kasih Sayangmu!

Setelah mengucapkannya, tunjukkan kasih sayang dan rasa syukurmu kepada ibu dengan memeluknya, atau bahkan menciumnya di pipi. Tindakan-tindakan kecil seperti ini tentu akan selalu diingat Ibu, terutama bila kamu ataupun ibu terlalu sibuk untuk melakukannya di hari-hari biasa.

3. Berikan Tanda Cinta

Selain pada hari ulang tahunnya, Hari Ibu juga menjadi waktu yang tepat untuk memberikan hadiah untuk ibu. Bunga, perhiasan, atau cokelat dapat menjadi pilihan aman yang pasti akan disukai ibu. Namun, apabila kamu ingin menjadi lebih kreatif, cari tahu apa yang ibumu sukai, dan berikanlah hadiah yang dapat menjadi pendukung hobinya tersebut. Hadiah buatan sendiri juga akan terasa lebih istimewa lho!

4. Luangkan Waktu Untuk Ibu

Hari ibu adalah hari istimewa yang dirayakan setiap tahun sekali. Oleh karena itu, tidak ada salahnya meluangkan waktu di tengah kesibukan sehari-hari untuk menghabiskan waktu bersama, seperti melakukan ‘spa day’, memasak, ataupun membuat kerajinan tangan bersama. 

 

"A mother's love for her child is like nothing else in the world. It knows no law, no pity. It dares all things and crushes down remorselessly all that stands in its path."

-Agatha Christie

 

Tulisan Oleh: Luisa Carmel 

 

Referensi:

Pratama,A.N. (2018). 22 Desember Diperingati Sebagai Hari Ibu, Ini Sejarahnya. Retrieved from: https://nasional.kompas.com/read/2018/12/22/08260031/22-desember-diperingati-sebagai-hari-ibu-ini-sejarahnya-

Ria,R. (2018). 13 Ragam Tradisi Unik Rayakan Hari Ibu di Berbagai Negara. Retrieved from: https://www.brilio.net/creator/13-ragam-tradisi-unik-rayakan-hari-ibu-di-berbagai-negara-b3c6dc.html#

 

SHARE THIS ARTICLE