Everything About Addiction

Everything about Addiction

SD Santa Ursula POS Jakarta

 

Kamis, 4 Oktober 2018, CEO dan Psikolog Personal Growth, Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog, dan Psikolog Personal Growth, Kantiana Taslim, M.Psi., Psikolog, menjadi pembicara dalam seminar “Everything about Addiction” yang diselenggarakan oleh SD Santa Ursula POS Jakarta. Acara ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama ditujukan kepada siswa-siswi kelas 6 SD dan sesi kedua ditujukan kepada orang tua dari siswa-siswi tersebut.  Tujuan dari acara ini adalah memberikan gambaran dan penyadaran mengenai adiksi, serta bahaya adiksi kepada para siswa dan orang tua sehingga kecenderungan anak memiliki suatu adiksi dapat dideteksi dan dicegah sejak dini.

 

Pada sesi pertama dengan siswa-siswi SD Santa Ursula, Psikolog Ratih Ibrahim menyampaikan materi mengenai orang muda sebagai agen perubahan dan pentingnya cita-cita mereka untuk mengembangkan Indonesia. Kemudian, Psikolog Kantiana Taslim menyampaikan materi mengenai pengertian adiksi, bagaimana adiksi bisa merubah otak seseorang, jenis-jenis adiksi, dan tips dalam mencegah adiksi. Pada sesi ini, anak-anak terlihat sangat antusias dalam menyimak dan menjawab pertanyaan dari para psikolog. Banyak anak merasa bahwa dirinya memiliki kecenderungan akan adiksi teknologi (technology addiction) karena lamanya waktu yang dihabiskan oleh mereka ketika bermain handphone dan games di komputer mereka.

 

Pada sesi kedua dengan para orang tua murid, Psikolog Ratih Ibrahim menyampaikan materi mengenai pentingnya anak sebagai orang muda penerus bangsa, materi mengenai centennials (berkaitan dengan usia anak mereka, yaitu 11-13 tahun), pengertian adiksi, dan tips bagi keluarga dalam melakukan pencegahan terhadap adiksi. Kemudian, Psikolog Kantiana Taslim menjelaskan kepada orang tua, materi-materi apa saja yang sudah disampaikan kepada anak-anak mereka, beserta informasi mengenai data-data terbaru di lapangan terkait dengan perilaku adiksi pada anak.

 

Dalam seminar ini, Psikolog Ratih Ibrahim menekankan pentingnya orang tua memperlakukan anak mereka sebagai pemimpin di masa depan, “treat your child as your future leader”. Orang tua merupakan contoh bagi anak sehingga sikap juang atau kegigihan orang tua dalam menghadapi masalah juga akan dicontoh oleh anak. Hal ini akan menjadi pondasi bagi anak di masa depan, terutama dalam pencegahan munculnya perilaku adiksi. Psikolog Kantiana Taslim juga menekankan pada penggunaan teknologi bagi siswa-siswi SD. Teknologi digital diumpamakan sebagai “pedang bermata dua”, yaitu terdapat sisi positif dan negatif dalam penggunaan teknologi, namun hal tersebut tergantung pada bagaimana pengguna dapat dengan bijak menggunakannya.

 

Siswa-siswi dan para orang tua menyimak materi yang diberikan dengan sangat antusias. Hal ini ditunjukkan dari banyaknya siswa-siswi yang sering bertanya serta menjawab pertanyaan yang diberikan oleh psikolog pemberi materi. Para orang tua juga kerap bertanya dan berkonsultasi mengenai pengalaman dan keresahan diri mereka mengenai adanya kecenderungan adiksi pada anak mereka.

  • WHEN

    4 October 2018


  • BUDGET

    Rp., - / package


  • WHERE

    Santa Ursula POS, Jakarta


  • RSVP


  • SHARE

OTHER EVENTS